Apa itu ELCB dan bagaimana cara kerjanya dalam perlindungan bahaya tegangan sentuh.

October162012

ELCB

Earth Leakaque Circuit Breaker atau alat pengaman arus bocor tanah atau juga disebut saklar pengaman arus sisa (SPAS) bekerja dengan sistim differential, saklar ini memiliki sebuah transformator arus dengan inti berbentuk gelang, inti ini melingkari semua hantaran suplay ke mesin atau peralatan yang diamankan, termasuk hantaran netral, ini berlaku untuk semua sambungan satu-phasa, sambungan tiga-phasa tanpa netral maupun sambungan tiga-phasa dengan netral.
Dalam keadaan normal, jumlah arus yang dilingkari oleh inti trafo adalah sama dengan nol, kalau terjadi arus bocor ketanah, misalkan 0,5 ampere, maka keadaan setimbang ini akan terganggu, karena itu dalam inti trafo akan timbul medan magnet yang membangkitkan suatu tegangan dalam kumparan sekunder, Arus defferntial terkecil yang masih menyebabkan saklar ini bekerja disebut arus jatuh nominal (If) dari saklar. Saklar ini direncanakan untuk suatu arus jatuh nominal tertentu. Prinsip kerja ELCB :
Pada saat terjadi gangguan arus yang mengalir dipenghantar phasa tidak sama lagi dengan arus yang mengalir pada netral ( IL = IN + If ) atau sistim dikatatakan dalam keadaan tidak seimbang, arus differensial ini dibandingkan dalam sebuat sistim trafo toroida. Ketidak seimbangan antara arus phasa dengan arus netral menandakan adanya arus bocor ketanah akibat kegagalan isolasi, ketidak seimbangan arus ini akan menyebabkan fluks magnet pada toroida sehingga pada bilitan sekunder toroida akan dibangkitkan suatu tegangan yang berfungsi untuk menggerakan relai pemutus mekanisme kontak, kemudian kontak utama ELCB akan memutuskan hubungan dengan peralatan.
Untuk instalasi rumah kita dapat memilih ELCB dengan kepekaan yang lebih tinggi yakni ELCB dengan ratting arus sisa 10 mA atau 30 mA. Perlindungan yang idial untuk instalasi listrik apapun seharusnya memiliki perangkat pengaman terhadap beban lebih, hubung singkat dan arus bocor. Untuk mengamanka sistim dan peralatan yang kita gunakan sebaiknya sistim kita memilki pentanahan yang baik dalam arti nilai impedansi pentanahan harus sekecil mungkin agar pengaliran arus gangguan ketanah berlangsung dengan sempurna.
Bagaimanapun juga kenaikan nilai impedansi beberapa ohm saja bisa mempengaruhi pengaliran arus gangguan ketanah menjadi tidak sempurna, sehingga pada kondisi ini terjadi penambahan waktu pemutusan rangkaian dalam beberapa menit untuk ELCB tersebut bekerja, atau ada kemungkinan sama sekali ELCB tersebut tidak bisa bekerja.
Banyak contoh yang terkait dengan pentanahan peralatan yang mengalami gangguan, sehingga satu-satunya cara perlindungan yang dapat diberikan adalah melalui pemakaian ELCB dengan kepekaan tinggi. Perlu dicatat bahwa tidak tertutup kemungkinan terjadinya gangguan yang dapat membahayakan manusia atau mahluk hidup akibat dari pentanahan yang tidak baik, yang mana nilai impedansi pentanahan yang bisa berubah. Kalau tegangan pada badan peralatan yang ditanahkan tidak boleh melebihi 50 Volt, maka syarat untuk tahanan dari lingkaran arus pentanahannya adalah : R ka < 50/I, Saklar ini dapat dicoba dengan sebuah tombol tekan percobaan yang terdapat pada saklar, tahanan dari lingkaran arus percobaan dipilih sedemikian hingga saklar kutub dua untuk tegangan AC 220 Volt, bisa juga digunakan pada tegangan 127 Volt. Saklar ini memiliki magnet hilang, karena itu pemutusannya tidak bergantung pada tegangan jaringan.
Suatu arus bocor akan menyebabkan suatu medan magnet kedua dalam magnet halang (medan halang), karena medan halang ini jalan ke angker bagi garis-garis gaya dari magnet permanent akan tertutup. Sebuah magnet permanent menimbulkan garis-garis gaya megnetik dalam dua paket besi trasformator dengan permiabilitas yang rendah. Sebagian besar dari garis-garis gaya megnet tersebut melewati sebuah angker, sehingga angker ini akan ditarik. Gaya tarik maknet ini mengalahkan gaya tarik sebuah pegas.
Pemutusan dari saklar berlangsung sebagai berikut : kalau dalam lingkaran arus utama terjadi hubung tanah, maka dalam kumparan sekunder dari transformator akan timbul suatu tegangan, karena itu dalam kumparan dari magnet halang yang dihubungkan dengan magnet sekunder akan mengalir arus. Arus ini akan membangkitkan suatu medan magnet, garis-garis gaya dari medan tersebut harus juga melalui tempat-tempat sempit E, karena itu ditempat ini garis-garis gaya itu akan tertutup, oleh karena itu magnet tersebut diberi nama magnet halang.
Dengan demikian seluruh garis gaya dari magnet permanent sekarang terpaksa harus melaluishunt magnet tersebut. Garis gaya yang semula melalui angker, sekarang tertarik ke shunt magnet, karena itu angker tersebut akan terlepas dan ditarik oleh pegasnya gerakan ini akan menyebabkan saklar arus bocor tanah akan mebuka secara mekanis.


sumber :http://betawian.blogspot.com/2011/06/elcb.html

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

25 tanggapan untuk "Apa itu ELCB dan bagaimana cara kerjanya dalam perlindungan bahaya tegangan sentuh."

дĻдη дjjªch pada 04:18 PM, 16-Oct-12

keren kawan. . ?
Napa ya blog ane ga bisa di akses ada yg tau master2 jawab ya. . ?

Dhie Gaze9 pada 04:44 PM, 16-Oct-12

mantap sob

Wayan Usada pada 04:45 PM, 16-Oct-12

Kunjungan sore sob,, smile
sukses selalu buat sobat,, biggrin
di tunggu kunjungan baliknya... ! wink
http://usada.mywapblog.com/

mas GondrongPoni pada 04:52 PM, 16-Oct-12

kritik sob, warna fontnya kurang, jelas. Jadi saya rada susah bca nya.maf sob buat kdepan dibenahi ya.

Artikelnya menarik. Malah baru tahu aku gan. Hahahabiggrin tadi aku kira mlh MCB

ZxzY pada 05:10 PM, 16-Oct-12

Wah ini yang ane cari-cari sobsmile
Ijin save dulu yak
Salam kenal dari
http://zxzy.heck.insmile
Oiya follow blog aku ya
thanks

NoEr Mobile Blog pada 05:31 PM, 16-Oct-12

Kunjungan sore sob..sangt bermanfaat

Agooezz pada 06:52 PM, 16-Oct-12

Aduh nyong ra mudeng sob?smile

Badrut Tamam pada 07:35 PM, 16-Oct-12

meskipun anak elektro tapi aku ora ngerti.

lintang ipa pada 08:07 PM, 16-Oct-12

Apa gunanya Kawat yang terhubung ke tanah disetiap KWH meter?

N kenapa ya waktu ada petir dekat rumah, kawat itu menghasilkan cahaya terang n mengeluarkan suara keras

Locky pada 06:12 AM, 17-Oct-12

kunjungan pagi bos..

Aroel Leyl pada 07:42 AM, 17-Oct-12

Wah, gak ngerti kang... He...

gak penting pada 12:09 PM, 17-Oct-12

numpang mampir gan biggrin,

Elzindanz pada 01:04 PM, 17-Oct-12

Kunjungan Siang Gan...
Nice Info tq ea..
Kalo ada waktu mampir ea...
Trimakasih Gan
TIPS MENGATASI INSOMNIA
http://elzindanz.mywapblog.com

sHandy aHmad pada 05:52 PM, 17-Oct-12

lapor sob warna fontya agak samar,


ane tetap nyiimak aja sob,, biggrin
.
.
.
bila sobat punya waktu silahkan berkunjung di gubuk reot ku http://mataram.heck.in biggrin
salaam persahabatan smoga blog sobat jaya slalu . . .
Dan
salaam santun ukHuwah karena-nya.

.


Pentingya Sabar (audio)
.
.

http://mataram.heck.in/cerama-aa-gym-pentingnya-sabar.xhtml

egvnk takkand pulank pada 03:10 AM, 18-Oct-12

ijin save mastabiggrin

abu hasan pada 03:11 PM, 18-Oct-12

mantap gan...

Hadi Is pada 08:55 PM, 18-Oct-12

nyimak aja sob..
Soalnya nggak faham..
Hehe

viroez85™ pada 08:36 AM, 20-Oct-12

nice artikel sob,
salam sukses selalu sob,

Nanang Qosyim pada 12:28 PM, 20-Oct-12

kunjungan siang mrgreen
nice post...
ditunggu kunbalnya...

http://nq26.heck.in/naruto-eps-284-sub-indonesia.xhtml

Kumprunk pada 05:50 PM, 20-Oct-12

ane tau tuh...
Yg ada di kwh

Agus Prayitno pada 09:59 PM, 20-Oct-12

wah, baru tahu sy sob... lol

Hot Spot MWB pada 09:08 AM, 21-Oct-12

,,jd nambah ilmu bro, mksh ea smile

abagdon pada 01:11 PM, 21-Oct-12

wah,,,,hebat,,bener gan,,,ane,,,bru,,,tau,,,

Wakiah pada 06:16 AM, 29-Oct-12

ikut nyimak masta coz g fham..

di tunggu kunbal+follow dri masta smile

narko pada 04:46 PM, 07-May-13

sip gan, bisa menambah ilmu saya.

Langgani komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar


 
Kembali ke Atas